Biasanya jamaah haji berkunjung ke Jabal Rahmah yang terletak di Arafah sebelum dimulainya prosesi haji. Mereka mengambil gambar kenang-kenangan di sana dan membeli hadiah. Bagi mereka, Jabal Rahmah adalah gunung bersejarah dan memiliki sisi keagamaan yang tinggi. 
Jabal Rahmah adalah salah satu gunung yang terkenal di Makkah. Gunung ini termasuk lokasi yang paling terkenal di Arafah setelah Masjid Namirah. Terletak di jalan antara Makkah dan Thaif. 
Jamaah haji seringkali berhenti di Jabal Rahmah pada saat wuquf meneladani Nabi Saw. yang berhenti di sana dan menyampaikan khutbah Wada’. Di sana kemudian mereka berdoa kepada Allah, memohon ampunan dan rahmat-Nya. Jabal Rahmah berupa perbukitan kecil yang luas terdiri dari bebatuan yang keras yang rata-rata berwarna hitam. Terletak di sisi timur gunung Arafah dengan jarak 300 meter dan berdiri di permukaan tanah setinggi 65 meter. Ada yang menyebut Jabal Rahmah dengan Jabal Taubah (gunung taubat), Jabal Dua’ (gunung untuk berdoa), dan lain-lain. 

Tim Albilad Pekalongan